| Terapi Gelombang Otak - Artikel - Lebih Jelas Tentang Terapi Gelombang Otak    
 

Lebih Jelas Tentang Terapi Gelombang Otak

 

 

 

Terapi Gelombang Otak atau yang sering disebut Brainwave Entrainment adalah sebuah upaya atau cara untuk menstimulasi gelombang otak agar berada pada frekuensi fase tertentu sesuai kebutuhan Anda. Umumnya, Terapi Gelombang Otak memiliki dua metode yaitu metode dengan suara dan kilatan cahaya, tetapi yang lebih umum digunakan yaitu menggunakan metode suara karena dinilai lebih praktis, efisien dan murah.

 

Sejarah Brainwave Entrainment diawali oleh seorang ilmuan yang bernama Heinrich Wilhem Dove pada tahun 1839, ketika beliau menemukan Binaural Beats.  Dalam  dunia Teknologi pikiran Binaural Beat atau juga disebut sebagai "Frequency Following Response" merupakan fenomena alami yang dialami manusia dimana frekuensi otak akan menyesuaikan frekuensinya sesuai dengan frekuensi rangsangan suara atau cahaya yang ditangkap oleh mata atau telinga.  Namun, penelitian tersebut terhenti karena teori Binaural Beats sulit dibuktikan secara Ilmiah oleh Heinrich Wilhem Dove. Baru pada 140 tahun kemudian seorang ilmuan bernama Gerald Oster menulis sebuah artikel yang berjudul "Auditory Beats in the Brain", yang kemudian membuat banyak para peneliti meriset tentang Binaural Beats. Teknologi Binaural Beats ini kemudian dikembangkan oleh Thomas Chambell, Robert Monroe, dan Denis Menerich.

 

 

Prinsip kerja Binaural Beats adalah memberi stimulasi telinga kanan dan kiri yang berbeda, sehingga memicu terbentuknya frekuensi yang baru. Contohnya seperti ini, Telinga kanan distimulasi dengan frekuensi 410Hz, Kemudian Telinga Kiri distimulasi dengan frekuensi 400Hz maka akan terbentuk gelombang baru 10Hz.  Dalam Terapi Gelombang Otak menggunakan Binaural Beat, ada kelebihan dan juga kekurangannya. Kelebihan penggunaan Binaural Beats antara lain :

  1. Jangkauan Frekuensi Lebih Luas, dari frekuensi terendah hingga tertinggi.

  2. Karena Usianya yang lebih tua maka produk Brainwave Entrainment dengan Binaural Beats lebih mudah Anda Jumpai di pasaran.

  3. Binaural Beats juga merupakan metode yang paling sering diriset secara ilmiah, karena banyaknya literatur yang membahas tentang Binaural Beats.

  4. Binaural beats juga bisa ditambahkan musik atau yang lainnya namun tidak mengurangi stimulus pada gelombang otak.

  5. Prinsip kerjanya yang memanfaatkan kedua fungsi telinga, sehingga stimulasi otak lebih sempurna.

Namun, selain kelebihan, Binaural Beats juga memiliki Kekurangan yaitu :

  1. Untuk Hasil yang maksimal perlu kualitas rekaman yang baik.

  2. Harus Menggunakan Headphone Stereo

  3. Untuk mendapatkan pola gelombang otak yang diharapkan membutuhkan waktu

  4. Tidak dapat menstimulasi bagian otak tertentu.

Kemudian seiring perkembangan jaman, banyak para peneliti yang mengkaji dan meriset efektifitas serta kemudahan penggunaan terapi gelombang otak. Sehingga ditemukan beberapa teknologi lain, seperti Monoural Beats dan Isochronic Tones. Kedua teknologi tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan untuk memperjelas Apa itu Monoural Beats dan Isochronic Tones, Kami akan memperjelasnya.

 

Monoural Beats adalah teknologi Terapi Gelombang Otak (Brainwave Entrainment) yang memancarkan suara yang sama pada 2 speaker yang diletakkan pada telinga kanan dan kiri. Teknologi Monoural beats ini diperkenalkan oleh Dr. Gerald Oster pada tahun 1973. Beliau menilai bahwa semua orang belum tentu mau menggunakan headphone untuk terapi gelombang otak, maka dibuatlah teknologi terapi gelombang otak yang menghasilkan suara satu arah sehingga cocok digunakan di speaker. 

 

 

Frekuensi Monaural Beats

 

Monoural Beats juga memiliki kelebihan dan kekurangan, Berikut ini adalah Kelebihan dan kekurangan Monoural Beats :

 

Kelebihan :

  1. Lebih Mudah Karena tidak Menggunakan Headphone.

  2. Speaker tidak harus Stereo, Speaker Mono pun bisa.

  3. Lebih cepat menstimulasi gelombang otak dari pada Binaural beats.

Kekurangan :

  1. Minimal Gelombang yang dihasilkan 4Hz

  2. Berisi hanya suara gelombang, dengan kata lain tidak bisa diiringi musik atau efek apapun sehingga terdengar lebih monoton

  3. Karena sedikit peminat sehingga produk jarang di pasaran.

Kemudian Isochronic tones, Teknologi terapi gelombang otak dengan Isochronic Tones pertama kali dipublikasikan pada tahun 1981 oleh Arturo Manns dan kemudian disempurnakan oleh David Siever. Isochronic Tones ini memiliki satu gelombang suara yang dimunculkan melalui satu nada dan diberi jeda kondisi hening, kemudian muncul lagi, hening lagi dan muncul lagi, dan diluang-ulang. Nada tersebut dibuat sedemikian rupa agar lebih cepat merangsang otak.

 

 

Isochronic adalah teknologi Terapi gelombang otak terbaru. Tetapi teknologi isochronic juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Isochronic Tones.

 

Kelebihan :

  1. Bisa didengarkan dengan Headphone atau speaker

  2. Efek Stimulasinya lebih cepat dari pada metode Terapi Gelombang Otak Lainnya.

  3. Stimulasi bisa dilakukan pada kedua belahan otak sekaligus.

Kekurangan :

  1. Bisa ditambahkan musik tapi kualitas menurun.

  2. Minimal Frekuensi yang dihasilkan adalah 4Hz

  3. Pilihan produknya sangat sedikit karena teknologi Terbaru.

Dengan menggunakan salah satu atau mengkombinasikan tiga teknologi tersebut maka kami menciptakan Musik Terapi Gelombang Otak untuk keperluan Anda.

 

Setiap Teknologi Gelombang Otak tidak ada yang sempurna, mungkin ada sebagian kalangan yang menganggap bahwa Isochronic adalah teknologi Terapi gelombang Otak yang terbaik, tetapi ada juga yang beranggapan lain bahwa Metode Binaural lah yang mereka anggap terbaik. Anggapan tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan, karena faktanya semua teknologi memiliki Kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, penelitian kami menunjukkan bahwa ada masalah yang lebih cocok dengan Binaural, ada juga yang cocok dengan monoural. Sehingga kami Menerapkan masing-masing teknologi tersebut sesuai dengan tujuannya.

 

Dan sebagai penutup artikel ini, mungkin anda perlu tahu bahwa setiap frekuensi pada fase gelombang otak memiliki manfaat tersendiri, misalnya frekuensi 6 dan 7,3 walaupun sama-sama pada fase theta namun dampak yang ditimbulkan berbeda.

 

Musik Terapi Gelombang Otak pada terapigelombangotak.com dibuat dengan pola dan urutan lagu tertentu. Misalkan Musik Tidur, dalam musik tidur ada beberapa musik yang memiliki Pola gelombang tidur. Pola tersebut akan selalu berubah sampai Anda benar-benar memiliki Pola Gelombang Otak untuk tidur yang sesuai dengan Anda. Dan demi menghindari pembajakan kami sengaja merahasiakan pola gelombang otak yang berapa pada setiap Musik Terapi gelombang otak kami, mengingat ini adalah karya Original yang kami ciptakan sendiri.

 

Catatan : Artikel yang di tulis oleh tim terapigelombangotak.com dilindungi oleh hukum. Mohon tidak menyalin, mengcopy sebagian atau keseluruhan dari artikel ini. Kecuali jika sudah ada ijin tertulis dari tim terapigelombangotak.com

 

 

Untuk Mengetahui Apa itu Quantum Mind Power System Klik Disini -->>

 
 
 

 Alamat Kantor Kami

Perumahan Muria Indah Blok H no.559, Rt 08/07 Ds. Gondangmanis, Kec. Bae Kab. Kudus, Jawa Tengah,

Kode pos 59352

 

  Pemesanan & Pengiriman

Mas Deny

085888686402 (Indosat)

0819629402 (XL-Axiata)

580B0DD8

Email : pusatsukses2@gmail.com 

Yahoo! Messenger

 

Kontak Master Rudi

Aktif Pada Jam 13.00 - 15.00 WIB

0816964504/081215999504

Email:pusatsukses9@gmail.com

 
 
 

Praktek kami telah terdaftar secara resmi & diakui oleh Dinas Kesehatan dan Kejaksaan Negeri Semarang

 

No. STPT DINKES : 446/17/BPPT/STPT.080/VIII/2013

No. Kejari Semarang :

B-08/O.3.10/Dsp/07/2013